6 Surga Tersembunyi di Aceh Yang Masih Jarang Diketahui Orang

surga tersembunyi di aceh

Indonesia adalah negara dengan beragam pesona keindahan yang luar biasa, mulai dari pulau We hingga ke ujung Merauke. Sayangnya, masih ada beberapa tempat dengan pesona keindahan luar biasa yang jarang terekspose oleh wisatawan. Seperti yang terjadi di Provinsi yang terletak di ujung Indonesia bagian Barat, yaitu Aceh. Ada 6 Surga tersembunyi di Aceh yang masih jarang sekali dikunjungi atau diketahui oleh wisatawan luar ataupun lokal.

Kota Aceh atau lebih dikenal dengan kota islam pertama ini ternyata mempunyai keindahan yang sayang untuk dilewatkan. Banyak sekali tempat wisata yang patut dikunjungi seperti air terjun, pantai, sungai, pantai ataupun pulau yang tidak kalah dengan pesona tempat wisata lainnya di bagian Timur Indonesia.

6 Surga Tersembunyi di Aceh

Mungkin sebagian orang hanya mengenal keindahan pantai yang ada di daerah Sabang yang berdekatan dengan kota Aceh. Padahal jika anda lebih mengulik kota Aceh, ada banyak surga tersembunyi di Aceh yang sayang untuk dilewatkan loh. Berikut ini ulasannya.

1. Pulau Keluang

surga tersembunyi di aceh (2)

Pulau Keluang ini posisinya berada di 78 kilometer dari pusat kota Banda Aceh. Bahkan untuk sampai kesini, anda akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang luar biasa. Pulau Keluang ini terkenal dengan wisata baharinya yang sangat memanjakan mata, tidak kalah dengan pulau-pulau yang ada di Indonesia lainnya.

Anda akan dimanjakan dengan pemandangan gunung Geurutee yang mengelilingi pulau tersebut. Dengan hamparan pasir putih dan juga air yang berwarna sangat biru.

Bukan hanya itu, disana anda juga bisa mengunjungi sebuah gua yang disebut dengan gua kelelawar. Disebut gua kelelawar memang karena faktanya di dalam gua tersebut masih banyak sekali kelelawar yang tinggal di dalamnya. Untuk bisa masuk gua tersebut, anda harus menggunakan perahu kecil yang disediakan disana.

2. Air Terjun Tansaran Bidin

surga tersembunyi di aceh (3)

Air Terjun Tansaran Bidin ini berada di kabupaten Bener Meriah, Aceh. Disana anda akan melihat pesona air terjun dengan ketinggian 50 meter dan pemandangan lainnya yang masih sangat alami. Perjalanan untuk bisa sampai ke tempat ini pun terbilang cukup mudah. Anda bisa menaiki kendaraan pribadi dengan jarak tempuh sekitar 35 kilometer dari ibukota kabupaten Bener Meriah.

Nah selain itu, anda juga harus menyiapkan stamina yang bagus untuk bisa sampai kesini. Karena perjalanan untuk bisa sampai ke tempat ini harus melalui jalan yang terjal yang bisa cukup memicu adrenalin anda.

3. Air Terjun Rerebe, Blangkejeren, Gayo Lues

surga tersembunyi di aceh (6)

Masih dengan pesona keindahan air terjun di kota Islam ini. Tempat berikutnya adalah Air Terjun Rerebe yang berada di Gayo Lues. Untuk dapat sampai kesini, anda harus menempuh perjalanan yang cukup lama sekitar 2 hingga 3 jam dari ibukota Gayo Lues.

Di tempat ini anda akan melihat pesona air terjun bertingkat dengan warna air yang sangat biru. Suasananya masih sangat natural dan sejuk serta membuat setiap orang yang datang langsung ingin berendam di air terjun yang segar ini.

4. Pucok Krueng, Lhoknga, Aceh Besar

surga tersembunyi di aceh (1)

Siapa sangka kota besar Aceh juga mempunyai pesona sungai yang sangat jernih yaitu Pucok Krueng. Pucok Krueng adalah sungai yang mempunyai warna air tawar yang sangat jernih kehijauan. Tempat ini masih sangat jarang diketahui wisatawan dari luar Aceh, jadi bisa dipastikan di tempat ini masih sangat alami.

Tempat ini jarang diketahui oleh orang karena akses untuk bisa ke tempat ini masih terbilang agak sulit. Karena anda akan melewati jalanan yang berlumpur dan juga jalanan berbatu. Tetapi jika sudah sampai di tempat ini, semua itu akan terbalaskan dengan pesona air sungainya yang sungguh luar biasa.

5. Air Terjun Peucari Gampoeng Bueng, Jantho, Aceh Besar

surga tersembunyi di aceh (4)

Surga tersembunyi lainnya yaitu Air Terjun Peucari Gampoeng Bueng yang terletak di daerah Jantho, Aceh Besar. Tempat ini juga tidak kalah dengan tempat lainnya yang menawarkan pesona air terjun yang masih alami. Tapi untuk bisa sampai kesini dibutuhkan stamina yang kuat karena anda akan berjalan kaki sekitar 4,5 km dari tempat parkir kendaraan anda. Kira-kira proses berjalan kaki tersebut memakan waktu sekitar dua jam dengan dipandu warga yang berjaga atau tour guide.

Selain itu disepanjang anda berjalan kaki, anda akan bertemu dengan beberapa tantangan seperti jalanan yang licin dan juga semak belukar yang masih lebat. Jadi persiapkan stamina yang baik yah jika ingin ke tempat ini.

6. Air Terjun Ceuraceu Embon Teunom

surga tersembunyi di aceh (5)

 

Nah surga tersembunyi terakhir yang berada di Aceh yaitu Air Terjun Ceuraceu Embon Teunom yang berada di Desa Alue Jang, Kecamatan Teunom, Kabupaten Aceh Jaya. Untuk bisa sampai ke tempat ini membutuhkan waktu sekitar satu jam dengan menggunakan perahu. Paras cantik dari air terjun di tempat ini akan membuat anda betah untuk berlama-lama disini. Apalagi jika musim kemarau, air yang ada disini akan sangat jernih dan segar untuk dinikmati oleh mata.

Gimana? tertarik gak untuk mengunjungi surga tersembunyi di Aceh ini? Jika anda ingin ke tempat yang lebih mengandung hal mistis atau menguji adrenalin, bisa kunjungi jembatan yang tidak biasa di dunia ini.

6 Jembatan Yang Tidak Biasa di Dunia, Bikin Deg-degan Banget Pas Lewat

Jembatan yang tidak biasa di dunia

Biasanya jembatan dibangun dengan tujuan untuk menjadi penghubung antara daerah yang satu dengan daerah lainnya. Banyak juga para arsitektur yang sengaja membangun suatu jembatan yang tidak biasa di dunia agar lebih menarik saat seseorang melewatinya. Jembatan tersebut biasanya dibangun dengan desain dan kontruksi yang jarang sekali orang lihat.

Kontruksi yang menarik tersebut bisa membuat jembatan tersebut menjadi ikon suatu daerah dan seringkali dikunjungi para wisatawan lokal maupun mancanegara untuk mengabadikan foto. Penasaran kan dimana saja jembatan yang tidak biasa di dunia  ini? berikut inilah ulasannya.

6 Jembatan Yang Tidak Biasa di Dunia

1. Jembatan Langit Langkawi, Malaysia

Jembatan yang tidak biasa di dunia (6)

Jembatan yang pertama datang dari negara tetangga Indonesia yaitu tepatnya di Malaysia. Tempat ini berlokasi di ketinggian 700 meter di atas permukaan laut di puncak Gunung Mat Chinchang di Pulau Langkawi. Seperti yang terlihat pada gambar di atas, bahwa kontruksi jembatan ini sangatlah unik. Karena jembatan ini berdiri hanya dengan satu tiang baja dan 8 kabel yang menahan beban jembatan tersebut.

Sebenarnya jembatan ini tidak menghubungkan daerah manapun, pemerintah hanya ingin membuat jembatan ini sebagai daya tarik wisatawan untuk berkunjung. Nah buat anda yang tertarik ingin foto di atas jembatan ini, bisa langsung datang aja ke Jembatan Langit Langkawi.

2. Jembatan Donghai, Cina

Jembatan yang tidak biasa di dunia (1)

Jembatan Donghai adalah salah satu jembatan terpanjang di dunia yang mempunyai panjang sekitar 32,5 km dan menghubungkan Shanghai di daratan dan pelabuhan laut Yangshan di Republik Rakyat Tiongkok. Tapi sayangnya pada tahun 2008, rekor terpanjang yang dimiliki jembatan ini dikalahkan oleh jembatan teluk Hangzhou yang juga berada di Cina.

Selain panjang, jembatan ini juga mempunyai desain yang tidak biasa yaitu bentuknya yang seperti huruf S. Menurut arsitekturnya, jembatan ini dibuat agar kendaraan yang melewatinya merasa nyaman dan aman serta tidak mudah mengantuk maka dari itu dibuatlah dengan bentuk huruf ‘S’.

3. Jembatan Gantung Capilano, Kanada

Jembatan yang tidak biasa di dunia (2)

Jembatan Gantung Capilano yang berada di Vancouver, Kanada ini juga salah satu jembatan gantung tertua yang ada di Kanada. Memiliki panjang sekitar 137 meter dan juga berada di ketinggian 70 meter di atas sungai Capilano. Dibangun pada tahun 1889 oleh George Grant Mackay, jembatan ini berhasil menarik wisatawan setiap tahunnya.

Jembatan ini sungguh unik dan tidak biasa karena pengunjung akan dibawa naik puncak pohon melewati jembatan ini. Dan sepanjang jalan akan disuguhkan oleh pemandangan hijau yang berasal dari hutan yang sangat lebat.

4. Jembatan Rakotzbrucke, Jerman

Jembatan yang tidak biasa di dunia (5)

Jika melihat gambar di atas tentunya anda akan terkagum-kagum bukan dengan bentuk dan refleksi yang dihasilkan oleh jembatan yang berada di Jerman ini. Bahkan jika air sungai sedang tenang, akan menimbulkan refleksi lingkaran sempurna.

Tapi siapa sangka dengan keindahannya tersebut, jembatan ini dijuluki jembatan setan oleh masyarakat setempat. Konon katanya jembatan unik ini dibuat dengan bantuan setan. Sebagai timbal balik, sang iblis akan mengambil jiwa manusia yang pertama kali berjalan di jembatan tersebut. Maka dari itu, jembatan ini ditutup untuk umum dan tidak bisa dilewati oleh orang.

5. Jembatan Air The Pontcysyllte Aqueduct, Inggris

Jembatan yang tidak biasa di dunia (3)

Dibangun antara tahun 1795 sampai 1805, jembatan air ini ternyata berada di Wrexham Country Borough di Inggris. Dengan mempunyai panjang sekitar 307 meter dan lebar 3,4 meter mampu menjadikan jembatan ini sebagai jembatan air tertinggi di Inggris. Awalnya, jembatan ini dibangun untuk menghubungkan tambang batubara Denbighshire ke sistem kanal nasional.

Yang menarik dari jembatan ini adalah jalur air yang ada di jembatan ini. Dan anda bisa melewati jembatan ini dengan menaiki perahu kecil sekaligus menikmati pemandangan yang ditawarkan dari ketinggian 38 meter. Bahkan karena keunikannya, jembatan ini menjadi salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO.

6. Jembatan Kaca Zhangjiajie, Cina

Jembatan yang tidak biasa di dunia (4)

 

Jembatan yang tidak biasa di dunia selanjutnya juga datang dari Cina yaitu jembatan kaca Zhangjiajie. Kontruksi bangunan ini hampir seluruhnya dibuat menggunakan kaca yang sangat tebal sesuai dengan namanya. Jembatan ini awalnya memang dibuat untuk menarik wisatawan datang dan juga cocok sekali bagi yang ingin menguji adrenalin anda. Karena jembatan ini memiliki lantai yang transparan yang bisa membuat anda langsung melihat ke bawah jurang tersebut.

Dibangun dengan ketinggian sekitar 260 meter dan panjang sekitar 426 meter yang menjadikan jembatan ini sebagai salah satu jembatan kaca tertinggi dan terpanjang di dunia. Jika anda ingin lebih menguji adrenalin anda, tentu saja anda bisa mencoba permainan bungee jumping yang tersedia di tempat ini.